Jumat, 06 Januari 2017

3 Tips Berbisnis Bagi Pemula

Assalamualaikum sahabat sekalian. Senang sekali kita kembali bisa berjumpa di blog ini untuk sharing artikel dengan judul 3 Tips Berbisnis Bagi Pemula. Artikel ini dibuat sengaja untuk menjawab banyaknya orang yang bertanya tentang ‘’apa sih sebetulnya tips bisnis bagi seorang pemula?’’.  

Apalagi bagi orang yang tidak memiliki latar belakang bisnis, cuma berbackground mahasiswa, cuma tamatan SMA, atau mungkin orang tuanya bukan seorang pengusaha. Lalu bagaimana seseorang bisa memulai usaha ataupun menjalankan tips-tips sebagai seorang pebisnis atau juga menjalankan usaha.

Sahabatku sekalian, berbisnis itu pada dasarnya sama dengan menjalankan usaha pada umumnya. Sama seperti saat orang melamar pekerjaan. Kenapa anda memberanikan diri untuk melamar suatu pekerjaan? Tentunya sebelum melamar anda sudah tahu bahwa anda mempunyai modal, mempunyai hal yang bisa anda banggakan yang memungkinkan anda untuk melamar pekerjaan.

( Baca Juga : Miliki 3 Jenis Teman Ini Agar Anda Bisa Sukses )

Keberanian ini muncul mungkin karena gelar kesarjanaan anda, atau mungkin karena indeks prestasi anda, atau mungkin dengan sesuatu yang bisa anda tawarkan untuk anda dianggap layak diterima menjadi seorang karyawan. Nah, hal ini tidak jauh berbeda dengan dunia bisnis.

Di dalam dunia bisnis anda harus mempunyai satu kelebihan. Apa yang hendak anda jual kepada kalayak masyarakat. Akan tetapi seperti yang kita ketahui, yang namanya pebisnis itu diibaratkan seperti pada seni beladiri, yaitu memiliki tahapan-tahapan atau tingkatan-tingkatan.

Kalau dalam seni beladiri ada yang namanya sabuk kuning, sabuk putih, sabuk hijau, sabuk biru, sabuk merah sampai pada tahap sabuk hitam. Tentu di dalam dunia bisnis anda tidak bisa semata-mata begitu memulai suatu usaha anda langsung bisa sukses.

Sebagaimana diibaratkan sebelumnya bahwa seorang atlet beladiri tidak bisa langsung loncat ke sabuk hitam, melainkan harus sabuk putih dulu karena semua ada tahapannya. Oleh karena itu, sebagai seorang pemula anda jangan malu dan jangan takut.

Disini saya akan membagikan 3 tips praktis bagi seorang pengusaha pemula. Apapun background anda dan apapun latar belakang anda, meskipun anda adalah seorang yang tidak berlatar belakang bisnis sekalipun, saya berani jami satu hal untuk anda.

Sebagai seorang pemula yang dibutuhkan ada 3 tips, yaitu :

1. Anda Harus Mempunyai Impian


Impian ini sangatlah menentukan bagi kesuksesan anda di dalam memulai bisnis. Karena di dalam berbisnis anda tidak mempunyai bos dan tidak mempunyai atasan. Jadi tidak ada yang namanya setiap harus ngantor atau setiap hari harus memiliki satu jam kerja. Tetapi jam kerja anda dan jam kantor anda adalah impian anda.

Bisa dibilang kalau impian anda adalah bos anda, dan dari situlah anda mulai belajar berbisnis. Jadi anda harus punya impian dan anda mau mengarahkan bisnis anda kemana, anda ingin punya penghasilan berapa, anda ingin target penjualan berapa, anda ingin punyai omset berapa dan anda ingin memiliki apa? Nah, anda tuliskan semua impian-impian tersebut.

2. Anda Harus Berani Membuat Keputusan

Kapan anda mau memulai berbisnis? Pertanyaan ini penting sekali untuk dijawab, karena seringkali banyak pemula yang mana mereka selalu punya rencana tetapi tidak pernah direalisasikan. Sama saja anda itu membuat sebuah planning tetapi anda tidak pernah berani membuat langkah awal.

Sebagai pengusaha anda harus memutuskan memulai kapan. Ketahuilah bahwa kalau yang namanya pebisnis jangan takut rugi. Seperti ibarat pemula, kalau atlet beladiri pemula kalau ingin sukses dan mau naik satu tingkat maka jangan takut terkena pukul.

Kalau takut terkena pukul ya jangan latihan beladiri. Sama juga dengan bisnis, kalau takut rugi ya jangan berbisnis. Jadi disini mental itu sangat penting. Kalau anda mau menjadi pebisnis yang sukses, jika pemula maka nomor satu adalah anda harus punya keberanian dan keputusan.

( Baca Juga : Berfikir dan Menjadi Kaya )

3. Anda Harus Mempunyai Mentor

Mentor itu sangat penting di dalam dunia bisnis. Kalau anda belajar mengemudikan mobil, maka anda membutuhkan jasa seorang sopir yang menuntun anda atau membimbing anda mengemudikan mobil. Bagitu juga di dalam dunia bisnis.

Kalau menyetir mobil saja membutuhkan mentor, apalagi bisnis. Bisnis liku-likunya banyak sekali dan anda butuh sebuah pengorbanan. Kalau anda tidak punya mentor, maka dikawatirkan di dalam berbisnis nanti anda akan banyak melakukan trial and error.

Tidak masalah kalau anda hanya menggampil 2 poin tips diatas, yaitu yang pertama impian dan yang keputusan atau keberanian. Tetapi kalau anda mempunyai poin ketiga, maka berbisnis akan jauh lebih cepat dan jauh lebih sukses. Mengapa? Karena ibarat anda jalan, anda sudah mempunyai penunjuk jalannya. Jadi anda tidak perlu menempuh jalan yang salah.

Sahabatku sekalian, itu saya yang bisa saya bagikan tentang 3 Tips Berbisnis Bagi Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar