Kamis, 12 Januari 2017

Bisnis Yang Sukses Adalah Masalah Sikap

Sahabat Entrepreneur apa kabar hari ini, salam hebat luar biasa. Pada kesempatak kali ini saya akan membawakan sebuah topik yang berjudul Bisnis Yang Sukses Itu Adalah Masalah Sikap. Baik, sebelum saya melanjutkan topik saya anda perlu tahu dahulu apa arti kata lima huruf ini yaitu S-I-K-A-P. 

Sikap dalam bahasa Inggris itu adalah attitude. Nah attitude ini kalau anda baca kisah sukses semua orang di muka bumi ini, mereka selalu penekanannya masalah sikap-sikap-sikap. Nah, seringkali banyak orang berkata ‘’kenapa sikap sesuatu yang sangat penting’’.

Sekap itu adalah segala-galanya. Sahabat Entrepreneur, mungkin bagi anda yang pemula bisnis ini, ada tiga poin yang perlu anda garis bawahi tentang masalah sikap, yaitu yang sebagai berikut :

1. Sikap Mental

Sikap mental ini sangat penting karena menjadi seorang pengusaha itu sangat berbeda mentalnya dengan orang yang rata-rata. Yang saya maksud dengan orang rata-rata itu adalah orang yang hari ini bekerja sebagai seorang karyawan mengandalkan gaji.

( Baca Juga : 4 Cara Mengubah Mindset )

Sikap diantara keduanya ini berbeda sekali. Karena seorang entrepreneur itu mentalnya sangat berbeda. Mereka berani mengambil resiko, mereka berani mengambil tanggung jawab, mereka berani siap tidak dibayar.

Sikap-sikap mental seperti ini membutuhkan suatu keberanian yang luar biasa. Nah, kalau anda tidak punya tiga sikap ini atau tiga contoh dari sikap mental ini maka lupakan saja menjadi seorang entrepreneur.

Lupakan menjadi seorang pengusaha, karena anda akan tersiksa dan sengsara sekali menjadi entrepreneur. Karena banyak sekali para pemula yang mau jadi entrepreneur, akhirnya mereka balik lagi menjadi seorang karyawan gara-gara tiga hal ini.

2. Sikap Anda Terhadap Mentor Anda

Jadi, orang yang membimbing anda untuk menjadi seorang yang berhasil di bisnis anda maka anda harus mempunyai sikap yaitu teachable (mudah diatur, diarahkan, di didik). Apapun yang disampaikan oleh mentor anda itu pasti membutuhkan kesediaan atau kerelaan anda untuk dipimpin oleh mentor anda.

Kalau anda tidak punya sikap yang seperti ini, contohnya anda memberontak, ide anda tidak diterima, maka anda akan sulit untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena mentor anda jauh lebih berpengalaman dengan anda.

Mereka sudah pernah melalui jurang yang berliku-liku, kegagalan mereka lebih banyak daripada kegagalan anda. Anda sudah berapa kali gagal? Sehingga hari ini mereka siap untuk memberikan arahan-arahan kepada anda.

3. Sikap Anda Terhadap Diri Sendiri

Sikap anda terhadap diri sendiri adalah sebuah sikap dimana anda sendiri harus memberikan suatu reward. Reward itu merupakan apresiasi terhadap diri anda sendiri kalau anda hari ini telah mencapai sesuatu.

Contoh : anda hari ini menjual mencapai target sesuatu. Saya hari ini mungkin ada satu reward. Tetapi reward ini tidak boleh berlebihan. Maksudnya kalau anda berlebihan nanti maka anda bisa terlena. Contohnya : kalau saya mencapai omzet 10 juta satu bulan, maka saya mau menonton bioskop selama satu hari.

( Baca Juga : Kekuatan Fokus, Bagaimana Hukum 10.000 Jam )

Sikap terhadap diri sendiri inilah yang saya maksud adalah bukan cuma self reward tetapi anda juga harus punyai self punishman. Apa maksudnya self punishman? Kalau saya tidak mencapai target yang ditetapkan sampai bulan ini, maka saja juga tidak akan nonton bioskop selama tiga bulan.

Jadi, sikap terhadap diri sendiri itu bermakna self reward dan self punishman. Self reward dan self punishman ini sangat penting kalau anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. Jadi bisnis yang sukses itu adalah masalah sikap dan kuncinya adalah di tiga poin ini.

Sebetulnya kunci masih banyak sekali, tetapi saya percaya sebagai seorang pemula anda cukup membenahi tiga sikap ini. Jika anda bisa membenahinya, saya yakin anda akan on the track menunju kesuksesan.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa.

Sumber : Chandra Putra Negara
Motivator & Pengusaha Sukses Indonesia
Chanel : Success Before 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar