Rabu, 18 Januari 2017

Mengapa Target Anda Belum Tercapai

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa. Kali ini saya akan membahas sebuah topik yang masih berhubungan dengan artikel-artikel sebelumnya yang membahas tentang mengapa dan bagaimana membuat target itu tercapai dan pada topik kali ini saya beri judul ‘’Mengapa Target Anda Belum Tercapai’’. 

Banyak teman-teman maupun subcriber dan juga murid-murid saya bertanya pada saya ‘’Pak kenapa seringkali target saya ini gagal, saya sudah menetapkan target bulan ini , sudah menetapkan apa yang Pak Chandra katakan,  tapi kenapa saya masih tetap gagal mencapai target’’. 
Pertanyaan ini saya jawab dengan bertanya kembali kepada mereka yang tujuannya untuk menggali penyebab dan akar dari masalah. Dan metode ini sudah sering saya terapkan di seminar-seminar saya karena memang saya terbiasa menjadi seorang coach.

Bagi anda yang sudah menyiapkan goal atau target, maka saya akan berikan suatu contoh misalnya anda menyiapkan satu target, maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah menyiapkan dengan detail target-target anda tadi.

( Baca Juga : Kekuatan Fokus!! Hukum 10.000 Jam )

Pecahlah target-target tersebut menjadi bagian-bagian kecil. Target ini bisa anda pecah menjadi target besar, kemudian target mingguan, target harian, bahkan sampai target per jam. Sehingga ketika anda sudah menetapkan target per jam, maka anda harus bisa komitmen untuk mencapai target perjamnya tersebut.

Oleh karena itu jangan pernah bermimpi untuk menyelesaikan target yang besar kalau target yang kecil saja anda tidak mampu menyelesaikannya. Inilah yang sebenarnya menjadi kunci jawaban dari topik kita pada kesempatan kali ini tentang Mengapa Target Anda Belum Tercapai.

Permasalahannya sebenarnya di hal kecil ini tadi sehingga menyebabkan target anda tidak bisa tercapai. Kita ambil contoh misalnya ada seorang wanita gemuk yang ingin memiliki body yang langsing. Dan wanita ini memang sudah lama mengidam-idamkan menjadi seorang wanita yang langsing.

Di era teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, maka untuk mendapatkan informasi dan tips melangsingkan badan tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya dari internet, televisi, radio, majalah kesehatan serta saran-saran dari orang-orang yang sudah berpengalaman.

Dari semua info yang nanti didapatkan, pasti tidak jauh-jauh dari anjuran untuk mengurangi porsi makan, hindari makanan berlemak, berolah raga, hindari makanan yang berkolesterol, kurangi makanan manis-manis dan lain sebagainya yang sebenarnya semua saran tersebut sudah pernah anda dengarkan.

Nah, disini yang jadi pertanyaan adalah ‘’Apakah anda sudah melakukannya?’’. Jika memang anda sudah melakukannya, rasanya kok tidak mungkin kegagalan itu terjadi. Saya yakin kegagalan anda disebabkan karena anda menyepelekan target-target yang kecil. Dan hal-hal kecil ini harus anda lakukan secara konsisten setiap hari.

Kalau disiplin ini tidak anda lakukan setiap hari, maka anda tidak akan bisa. Tahukah anda mengapa banyak orang yang gagal melakukan diet dan berhenti di tengah jalan. Sebabnya karena mereka sudah merasa tahu, menganggap itu mudah, gampang dan lain sebainya sehingga pada akhirnya akan meremehkan.

Ketika anda meremehkan, maka anda tidak lagi disiplin dan konsisten. Disini kata kuncinya adalah anda M-E-R-E-M-E-H-K-A-N target anda. Nah, mulai dari sekarang anda tidak boleh lagi meremehkan. Anda harus tetap setia dan konsisten dengan hal yang kecil.

Kebanyakakn orang gagal mereka itu dengan hal-hal yang sudah terbiasa anda lakukan dan hal yang sering anda lakukan justru malah tidak anda lakukan karena anda sudah merasa bisa. Nah, orang-orang sukses tidak pernah meremehkan hal-hal yang kecil. Justru mereka-mereka ini sangat konsisten dengan hal yang kecil.

Oleh sebab itu bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda jangan sekali-kali meremehkan hal-hal yang sepele. Biasanya awal dari kegagalan program diet itu adalah bahwa mereka membebaskan 1 hari saja untuk makan besar. Menganggap bahwa dengan makan satu harian ini tidak akan berpengaruh pada tubuh anda.

Inilah mindset yang harus dibenahi jika anda ingin berhasil. Ada pepatah mengatakan ‘’Nila setitik rusak susu sebelanga’’. Hal yang sudah anda bangun berbulan-bulan rusak hanya gara-gara anda meremehkan dan mengatakan ‘’Ah...nggak apa-apa, saya nggak lebih gemuk kok, buktinya saya hari ini makan banyak saya nggak apa-apa kok, saya nggak merasa gemuk’’.

Begitu juga dibidang penjualan. Jangan sekali-kali anda merasa ‘’ooohhh...saya sudah biasa kok, prospekting, saya sudah biasa deketin clien, saya sudah biasa deketin pelanggan, saya sudah biasa demonstrasi produk. Nah, karena anda sudah merasa biasa ini, maka anda akhirnya meremehkan. Padahal itu kan basic dan dasar dari keberhasilan dan kesuksesan anda.

Ketika anda sudah melupakan yang basic ini, disitulah awal dari kegagalan dan kehancuran anda. Jadi lupakan kata meremehkan, lupakan kata merasa sudah bisa, lupakan kata merasa sudah pandai, dan lupakan semua hal yang membuat anda merasa sudah terbiasa melakukannya. Karena jika anda tidak melupakan itu semua, maka pada diri anda nanti akan melekat sifat kesombongan yaitu meremehkan.

( Baca Juga : 3 Lankah Pasti Untuk Perubahan Hidup Anda )

Meremehkan inilah yang akhirnya membuat target anda yang kelihatannya satu, dua ataupun tiga hari pertama tidak apa-apa, tapi kalau kita breakdown selama satu tahun maka itu perbedaanya akan jauh sekali.

Sama seperti anak panah. Ketika anak panah dilepaskan dari busurnya kelihatannya kemiringannya cuma satu derajat. Di jarak satu meter memang kemiringannya cuma satu derajat, namun dijarak seratus meter maka kemiringannya bisa beda jauh.

Sahabat entrepreneur, semoga artikel ini bisa menyadarkan anda terhadap hal-hal yang kecil. Pesan saya jangan meremehkan hal yang kecil, justru anda harus komitmen terhadap hal yang kecil. Semoga target anda bisa tercapai dan anda tetap disiplin terhadap hal yang kecil tersebut, niscaya target anda pasti akan tercapai.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat dengan judul ‘’Mengapa Target Anda Belum Tercapai’’, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sukses selalu untuk anda, salam hebat luar biasa.

Narasumber : Chandra Putra Negara
Motivator & Pengusaha Sukses di Indonesia
Channel Sukses Before 30


Tidak ada komentar:

Posting Komentar