Sabtu, 14 Januari 2017

Bagaimana Caranya Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang topik Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda. Baik....20 tahun yang lalu ketika saya masih menjadi seorang mahasiswa, saat itu saya tahunya cuma sekolah dan berolahraga. 

Rutinitas ini saya lakukan setiap hari kecuali hari libur. Saat itu saya hanya fokus bersekolah dengan tujuan mendapatkan nilai yang bagus, lalu setelah lulus agar bisa mencari universitas muda dan murah dan kalau bisa yang bisa memberikan beasiswa.


Kemudian harapannya setelah tamat kuliah mendapatkan nilai yang tinggi agar mudah mencari pekerjaan. Nah, itulah kata-kata yang selalu diedukasi oleh orang tua kita termasuk orang tua saya juga. Namun saat saya menginjak usia 19 tahun, persepsi yang telah ditanamkan oleh orang tua saya tadi berubah total. 

Pertanyaanya, apa yang membuat saya berubah saat itu? Jawabannya adalah bahwa saat saya berusia 19 tahun, saya menemukan sebuah seminar dimana seminar itu telah merubah cara berfikir saya. Dari seminar itulah saya baru sadar bahwa ternyata apa yang sudah saya pelajari di sekolah tidaklah cukup.

( Baca Juga : Bagaimana Caranya Membuat Uang Bekerja Untuk Anda )

Maksudnya disini adalah untuk mencapai kualitas kehidupan yang saya mau, maka pelajaran dari sekolah saja tidaklah cukup. Saya percaya kalau anda bertanya kepada anak muda manapun diseluruh Indonesia ini, apakah anda mau sukses sebelum usia 30? Jawaban mereka pasti mau. 

Tapi disini caranya bagaimana? Oleh sebab itu channel ini saya buat tujuannya supaya bisa menggedor cara berpikir anda dan anda akan mendapatkan manfaat-manfaat yang tidak anda dapatkan saat anda berada di bangku sekolah maupun di bangku kuliah. Karena channel ini dibuat dari praktisi langsung seperti saya. 

Yang mana saya mengalaminya bukan secara teori, tetapi saya mengalaminya di dalam kehidupan saya sendiri. Nah, karena kata-kata ini seringkali kita dengarkan dari bangku sekolah yaitu dari guru-guru kita maka saya katakan bahwa ini tidak cukup. 

Namun bukan berarti kita meremehkan guru-guru kita, tidak. Kita harus berterima kasih kepada guru-guru kita yang telah mendidik dan membesarkan kita, karena tanpa mereka tidak ada kita sekarang ini. 

Namun yang saya tekankan disini bahwa jika anda ingin meningkatkan kualitas hidup anda, maka jika anda hanya mengandalkan apa yang sudah anda dapat di bangku sekolah tidaklah cukup. Oleh karena itu saya menyadur kata-kata dari salah satu guru bisnis dunia yaitu Brad Sugar, dia berkata How to improve your quality of life (bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup andaj). 

1. Kualitas Pengetahuan

The Quality of knowledge dan Quality of Mentor, itu yang paling pertama. Jadi kalau anda hari ini tidak mempunyai mentor dan tidak mempunyai pengetahuan, bagaimana anda mau mengubah arah hidup anda. 

Contohnya saat ini anda mungkin tidak bisa mengemudikan mobil, tetapi suatu hari ingin meningkatkan kualitas hidup anda, dan anda menyadari bahwa mobil itu sekarang sudah menjadi kebutuhan, anda pun membeli mobil. 

Namun disini jika anda ingin mengemudikan mobil tersebut maka anda membutuhkan seorang mentor dan pengetahuan bagaimana caranya mengemudikan mobil. Sebenarnya bisa-bisa saja sih anda jika anda ingin mengemudikan mobil tanpa mentor, tapi anda harus siap-siap masuk bengkel berkali-kali karena sering menabrak. 

Oleh karena itulah alangkah lebih baik kalau anda mencari seorang mentor agar memberitahukan anda bagaimana menggunakan stir, kopling, memasukkan gigi, gas , rem dan lain-lain. Maka dengan arahan mentor ini maka suatu hari anda akan menjadi seorang yang jauh lebih baik dan terhindar dari kesalahan. 

Demikian juga di dalam dunia bisnis, maupun kehidupan anda. Contoh lainnya misalkan anda hari ini ingin memperoleh pernikahan yang bahagia, maka saran saya anda carilah pasangan yang menurut anda memiliki pernikahan yang bahagia dan jangan mencari pasangan yang bercerai. Sebab, kalau anda mencari pasangan yang bercerai, maka anda akan mendapatkan jawaban yang salah. 

Nanti anda bisa menganggap bahwa married is a disaster (pernikahan itu bencana) atau anda menganggap bahwa married is like hell (pernikahan itu seperti di neraka). Oleh sebab itu anda jangan sampai mendapatkan jawaban yang salah dikarenakan anda tidak mendapatkan mentor yang tepat. 

Sama halnya kalau anda hari ini ingin berbisnis, maka anda jangan mencari orang yang tidak pernah berbisnis karena jika anda melakukan hal itu maka anda akan mendapatkan jawaban yang salah. Memang mentor yang berbisnis itu banyak, namun yang berbisnis dan sukses itulah yang harus anda jadikan mentor. 

2. Kualitas Keyakinan

Oleh sebab itu, ketika hari ini anda sudah memiliki kualitas pertanyaan yaitu kualitas mentor dan pengetahuan lebih baik, maka ditahap selanjutnya anda akan memiliki kualitas keyakinan yang lebih baik dan kualitas impian yang lebih baik. 

Contoh, kalau anda belum menemukan mentor milyader maka anda hari ini mendapatkan gaji 1 juta anda sudah hore-hore, anda sudah senang banget, anda bangga karena anda sudah kerja dan mendapatkan gaji pertama. 

Namun kalau mentor anda berpenghasilan ratusan juta perbulan maka otomatis impian anda akan naik dari yang tadinya gaji 1 juta menjadi ratusan juta juga. Mungkin dulu anda hanya ingin punya motor, tapi setelah anda memiliki kualitas yang lebih baik maka kualitas impian anda meningkat seperti anda ingin punya mobil. 

Bahkan ketika anda sudah memiliki mentor yang baik dan kualitas hidup anda sudah lebih baik, maka anda bukan hanya punya mobil saja namun anda ingin yang lebih tinggi yaitu mempunyai mobil mewah. 

Akhirnya, dulu anda berfikir ‘’ah yang penting setelah saya menikah saya ngontrak aja sudah cukup lah, toh namanya dulu orang hidup juga susah’’ tetapi ketika anda sudah mempunyai kualitas mentor yang lebih baik, anda juga mempunyai kualitas pengetahuan yang lebih baik, sekarang hidup anda mulai meningkat dan berkata ‘’Oh, ternyata saya bisa punya rumah yang lebih baik’’. 

3. Kualitas Pertanyaan

Setelah anda memiliki kualitas impian yang lebih baik dan kualitas impian yang lebih baik anda kemudian memiliki kualitas pertanyaan yang lebih baik. Seperti di topik-topik sebelumnya saya sudah menerangkan bahwa bagaimana sebuah pertanyaan bisa mengubah hidup anda selama-lamanya. 

Di buku saya ‘’Badai Pasti Berlalu’’ saya juga ada pertanyaan tentang believe itu (tentang keyakinan) ‘’Apakah yang anda inginkan salam hidup anda?’’. Nah, kalau anda sering bertanya kepada diri anda, maka anda akan mencari tahu apa sih sebetulnya tujuan hidup anda. 

Dan akhirnya anda akan mendapatkan apa yang benar-benar anda inginkan. Mungkin selama ini anda hidup cuma mengalir saja, hidup tidak ada arah dan tujuan, dan anda seperti tidak tahu anda mau kemana. 

Sampai suatu hari anda disini menemukan kualitas pertanyaan yang lebih baik dan anda bertanya kepada diri anda (The Quality of Question) ‘’Oh, ternyata setelah punya impian yang lebih baik, sudah punya pertanyaan tentang keyakinan saya lebih baik karena dari mentor yang lebih baik, ternyata saya sekarang bisa hidup lebih baik. 

Pada akhirnya anda akan bertanya kepada diri anda sendiri ‘’ternyata kemampuan saya bisa lebih loh’’. Nah, ketika anda mempunyai kemampuan lebih, anda kan pasti akan ada self ask (ada sebuah pertanyaan pada diri anda). Ketika ada pertanyaan pada diri anda, maka anda akan bertanya lebih, lebih dan lebih. Dan akhirnya saya percaya bahwa anda akan bisa lebih baik. 

4. Kualitas Keputusan

Di pembahasan-pembahasan saya sebelumnya saya sudah pernah membahas soal keputusan, bahwa ketika anda sudah menentukan pertanyaan dan anda memutuskan ‘’ya saya mau sukses’’ maka ketika anda sudah memutuskan, anda sadar bahwa anda tidak lagi berada di lingkungan yang lama. 

Karena mungkin anda saat ini ada di lingkungan yang lama, yakni bersama teman-teman SD anda, teman sekampung anda, tetapi karena anda sudah mempunyai mentor yang berbeda, anda sudah mempunyai kualitas keyakinan yang berbeda tentu otomatis cara berfikir anda dengan mereka berbeda dong. 

Dan otomatis cara anda membuat keputusan sama mereka tentu beda dong. Akhirnya mungkin mereka hanya akan menjadi teman masa lalu anda dan anda memiliki cara berfikir yang berbeda sehingga anda harus membuat keputusan. Anda harus meninggalkan teman-teman anda yang tidak sevisi dengan anda karena anda mempunyai kualitas kehidupan yang lebih baik. 

5. Kualitas Tindakan

Cara anda bersikap, cara anda berhadapan dengan orang, ketika anda sudah mempunyai sikap, ketika anda sudah punya pertanyaan yang lebih baik, ketika anda sudah menentukan keputusan, tentu cara anda bersikap dan keyakinan anda tentu beda. Cara action anda hari ini tentu berbeda. Kalau dulu anda mungkin tidak pede alias minder, sekarang saat anda bertemu dengan banyak orang anda sudah mulai percaya diri. 

Anda yang sedang menonton channel ini, anda mungkin saat ini sedang terpuruk, anda mungkin merasa bingung dan tidak punya siapa-siapa, nah, channel ini mungkin akan membantu anda sebagai seorang mentor, dan otomatis itu akan menambah kepercayaan diri anda. Ulangi terus bacaan ini dan ulangi terus channel ini dengan terus mengulang-ulang bacaan di blog ini, otomatis ini akan menambah kepercayaan diri anda. 

6. Kualitas Hasil

Jadi kalau anda tindakannya sudah bagus dimulai dari keyakinan (kualitas impian), maka itu akan menentukan kualitas dari hasil anda. Nah, ketika anda sudah memiliki hasil yang luar biasa maka ketahuilah bahwa tidak ada hasil yang datang secara tiba-tiba. 

Hasil itu datang dari enam tahapan tadi. Jadi dari anda punya pembimbing, dari kualitas pengetahuan, kemudian kualitas keyakinan dan impian anda, kualitas pertanyaan anda, kualitas keputusan anda, kualitas tindakan anda dan yang terakhir kualitas hasil anda. 

Jadi kalau anda hari ini punya mobil itu bukan kebetulan, karena anda terus berjuang anda itu akan menjadikan anda menadi lebih baik. Dan tahapan ini akhirnya sampailah di final result.

( Baca Juga : Cara Menghilangkan Masalah )

7. Kualitas Kehidupan Yang Lebih Baik

Jadi kehidupan apa yang anda inginkan, maka dimulai dari enam tahapan itu tadi. Niscaya kalau anda ulangi ini terus, anda mungkin dari punyai mobil bisa memiliki kualitas yanglebih baik. Anda akhirnya bisa memiliki rumah bahkan bukan cuma rumah, tetapi rumah mewah. 

Anda mungkin kalau rekreasi tidak hanya di lokal saja, tetapi anda bisa liburan sampai ke luar negeri. Ke luar negeripun tidak hanya di Asia, akan tetapi bisa sampai ke Benua Eropa dan Benua Amerika. Dan itu sesuatu kualitas kehidupan yang sangat luar biasa. Dengan demikian jika itu semua ingin tercapai maka mulailah dengan enam tahapan itu tadi. 

Semoga channel ini bisa membantu anda, bisa membangun anda supaya anda bisa memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik-baik-dan baik lagi. Saya doakan anda akan mempunyai kualitas yang lebih baik daripada sekarang. Praktekkan terus dan salam hebat luar biasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar