Senin, 16 Januari 2017

4 Cara Mengubah Mindset

Sahabat Entrepreneur, salam hebat luar biasa. Pada topik kali ini saya akan membahas tentang 4 Cara Mengubah Mindset. Baiklah, jadi tentunya anda sudah menyimak topik-topik saya sebelumnya. Pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, saya sering kali menyentuh kata mindset-mindset-mindset. Apa mindset itu? 

Mindset disini maksudnya adalah pola pikir. Nah, sekarang pertanyaan saya adalah ‘’Apakah bisa saya mengubah pola pikir saya? Apakah bisa saya ini berubah? Apakah bisa saya ini mengubah pola pikir saya yang sudah tertanam sejak puluhan tahun?’’ jawabannya ‘’Bisa’’.

Kuncinya adalah satu yaitu anda harus mulai mengubah isi pikiran bawah sadar anda. Anda harus bisa mengubah informasi-informasi di pikiran bawah sadar anda. Karena mindset itu sangat ditentukan oleh pikiran bawah sadar anda. 
  

Jadi jika bicara tentang pikiran bawah sadar, maka hari ini ada 4 cara untuk mengubah informasi di pikiran bawah sadar anda antara lain :

1. Perbanyak Informasi Positif dan Tinggalkan Informasi Negatif

Informasi yang anda dapatkan akan memprogram pikiran bawah sadar anda. Hari ini apa yang anda baca dan anda tonton? Apakah anda membaca koran ataukah membaca berita gosib? Jika bacaan dan totonan anda positif, maka itulah isi pikiran bawah sadar anda dan begitu juga sebaliknya.

Bagaimana bisa anda memiliki pernikahan yang bahagia kalau setiap hari anda menonton berita gosib tentang rumah yang sedang bercerai. Lama kelamaan di dalam pikiran bawah sadar anda, anda akan berpendapat bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang mengerikan.

( Baca Juga : Kekuatan Fokus!!, Bagaimana Hukum 10.000 Jam)

Maka definisi pikiran bawah sadar anda adalah bahwa semua pernikahan pasti gagal. Karena anda tidak punya informasi yang lain di pikiran bawah sadar. Padahal jika mau melakuan survey dan mencari informasi terus bertanya adakah pernikahan yang bahagia? Maka jawabannya ‘’banyak sekali’’, adakah pernikahan yang sukses? jawabannya juga ‘’banyak sekali’’.

Tetapi karena anda tidak mendapatkan informasi itu, maka anda mendefinisikan bahwa semua pernikahan itu pasti berakhir dengan ketidak-bahagiaan. Sehingga timbullah rasa ketidak percayaan baik itu di pihak laki-laki maupun perempuan. Klimaksnya masing-masing pasangan akan dirasuki rasa cemburu yang berlebihan, saling curiga dan sering bertengkar. Ini salah satu contoh tentang masalah pernikahan.

Pria yang mencintai istrinya banyak nggak? Banyak sekali. Tetapi informasi yang dia dapatkan tidak ada. Sehingga dia merasa dirinya selalu disakiti. Nah, itulah informasi pikiran bawah sadar anda. Jadi hati hati karena hari ini apa yang menjadi definisi anda di pikiran bawah sadar akan menentukan mindset anda.

Jadi mulai dari sekarang kurangilah informasi-informasi yang sifatnya negatif. Karena berita-berita itu disajikan hanya untuk mengejar traffic. Berita media itu yang penting mengejar jumlah pembaca dan  jumlah penonton. Mereka tidak perduli dengan yang namanya konten negatif atau positif.

Konten negatif bisa menaikkan traffic, maka media itu akan dikejar orang. Dan biasanya kalau prinsip dari media ‘’bad news is a good news’’. Berita jelek itu adalah berita yang baik. Kenapa? Karena berita jelek itu menaikkan traffic, menaikkan jumlah penonton.

Makanya kenapa berita gosib itu rame. Berita rumah tangga orang itu rame. Kenapa itu yang selalu diberitakan? Karena itu ‘’bad news is a good news’’. Saya sendiri kalau nonton acara seperti itu tuh nyaris hampir nggak pernah.

Kenapa? Karena saya tidak mau mengotori isi pikiran bawah sadar saya. Isi pikiran bawah sadar saya adalah pernikahan itu harusnya bahagia, hidup itu harusnya sukses, hidup harusnya sehat. Nah, informasi kata-kata seperti ini itu selalu saya program di dalam pikiran bawah sadar saya. Sehingga saya akan mendapatkan apa isi pikiran bawah sadar saya.

2. Carilah Sosok Figur Yang Bisa Anda Teladani

Apa yang dimaksud dengan figur? Figur adalah seseorang yang kita anggap memiliki otoritas dan bisa menjadi panutan. Contohnya mungkin bisa guru sekolah, guru agama, ataupun orang tua anda sendiri. Figur-figur tersebut sangat menentukan isi fikiran bawah sadar anda.

Kalau anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, anda harus mempunyai seorang figur. Karena jika anda tidak mempunyai seorang figur maka besar kemungkinan anda akan gagal dan kecewa. Seorang mentor friend juga bisa menjadi seorang figur.

Kalau anda sejak kecil cuma belajar agama, ya yang anda tahu cuma masalah agama. Ketika saya membahas soal masalah wirausaha, entrepreneurship, kesuksesan karier anda mungkin bingun. Kenapa? Anda tidak pernah dapatkan informasi seperti itu sejak kecil. Kenapa? Tidak ada figurnya.

Jadi apakah kalau anda mau memulai berwirausaha untuk sukses saya bilang tidak mudah juga. Kenapa? Anda nggak punya figurnya. Mungkin anda setelah nonton chanel ini anda ber..ohhh...saya menemukan sosok figur untuk tokoh pengusaha yang sukses untuk pengusaha yang berhasil.

Tapi tidak cukup untuk mengubah isi puluhan tahun, yang mana isi bawah sadar anda tidak ada figur. Nah, figur itu sangat menentukan. Terutama kalau figur anda mengatakan ‘’sudahlah, hidup itu ya jangan cuma mengejar dunia, hidup itu yang penting ya mengenjar akhirat, kejarlah yang seperti ini.’’

Nah kalau figur anda mengatakan seperti itu maka percaya sama saya anda kalau hari ini mau sukses dalam dunia karier sangat berat. Kenapa? Karena isi bawah sadar anda adalah ...tidak perlu mengejar kesuksesan.

Padahal hari ini saya ingin bertanya kepada anda : ada nggak orang yang sukses, kaya secara duniawi, tetapi dia juga sukses beribadah, sukses di agamanya? Banyak bahkan banyak sekali. Banyak pengusaha-pengusaha sukses mereka itu sangat taat beribadah.

Orangnya baik dan mereka bahkan membangun tempat ibadah banyak, mereka bahkan membangun yayasan sosial yang banyak, mereka hari ini bahkan membangun banyak sekali sumbangan untuk anak yatim piatu dan sebagainya. Kenapa itu tidak pernah diberitakan? Karena figurnya tidak ada.

Yang ada adalah orang yang sukses itu adalah orang yang tidak usah berkarier, tidak usah punya usaha. Menurut saya itu keliru sekali. Jadi ini yang perlu anda ketahui. Nah, figur itu sangat penting. Oleh sebab itu apa figur anda? Jadi orang yang sukses secara duniawi dan sukses secara akhirat itu banyak.

Anda bisa cari tokohnya di google, disana banyak sekali. Nah, informasi seperti itulah yang anda harus anda kejar. Supaya anda mengisi isi bawah sadar anda dengan baik.

( Baca Juga : Bagaimana Caranya Membuat Uang Bekerja Untuk Anda )

3. Lakukan Afirmasi Untuk Menguatkan Diri

Di topik saya yang lain yaitu tiga kebiasaan kecil yang yang dibangun oleh orang sukses setiap hari adalah. Contohnya saya sendiri mengatakan : saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa. Tiga kalimat ini selalu saya afirmasi setiap hari, kenapa? Bagaimana anda mau mencintai orang lain, bagaimana anda mau dicintai orang lain kalau anda tidak mencintai diri anda sendiri.

Omong kosong. Contoh deh : apakah anda bisa memberikan orang makan kalau anda sendiri kelaparan. Anda nggak pernah denger ceritanya orang hari ini masih kelaparan mau berbagi makan. Kalaupun ia, dia akan mati nantinya. Anda harus kenyang baru anda bisa memberikan makan orang kelaparan.

Jadi intinya, afirmasi itu sangat penting, saya cinta diri saya baru anda bisa maju. Kemudian saya sangat bahagia. Gimana anda mampu membahagiakan orang lain kalau anda sendiri belum bahagia. Dan yang terakhir saya pasti bisa. Bagaimana anda merasa bisa kalau anda sendiri belum bisa. Nah, afirmasi ini penting. Afirmasi sebisa mungkin kalimat yang positif dan harus pengulangan.

4. Dengarkan Lagu Yang Bisa Menyemangati Anda

Nah, bicara soal lagu ini bahaya sahabat entrepreneur. Kenapa? Lagu ini adalah sesuatu yang dinyanyikan setiap hari. Saya tidak mau menyindir artis siapa, atau penyanyi siapa, tapi isi hidupnya itu nggak jauh berbeda sama lirik lagunya. Ya...pasti.

Anda coba perhatikan penyanyi-penyanyi top terkenal, isi lagunya pasti nggak jauh berbeda sama kualitas kehidupannya. Makanya hati-hati, saya tidak mau menyindir ya siapa artisnya, tetapi yang terpenting adalah hati-hati dengan lagu yang anda nyanyikan.

Nah, kalau saya memilih lagu ya lagu yang positif. Saya pasti memilih lagu 1. Lagu-lagu yang dinyanyikan di olimpiade. Contohnya the power of the dreams atau lagu-lagu yang dinyanyikan di PON atau SEA GAMES. Itu lagu-lagu penyemangat, lagu-lagu yang sangat positif.

Nah lagu-lagu yang seperti itu akan memprogram bawah sadar kita dan itu akan menentukan cara berfikir kita.

Demikian sahabat entrepreneur tips kali ini, semoga 4 tips ini bisa mengubah cara mindset anda dengan mengubah informasi di pikiran bawah sadar anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa.

Sumber : Chandra Putra Negara
Channel : SB30
Motivator & Pengusaha Sukses Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar