Senin, 09 Januari 2017

Miliki 3 Jenis Teman Ini Agar Anda Bisa Sukses

Assalamualaikum Sahabatku Sekalian. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang artikel dengan judul ‘’Miliki 3 Jenis Teman Ini Agar Anda Bisa Sukses’’. Oke, langsung saja pada poin yang poin pembahasan yaitu : 

1. Cari Teman Yang Bisa Menjadi Mentor Friend

Apa yang dimaksud dengan sebutan ‘’Mentor Friend’’? Mentor Friend itu adalah teman pembimbing. Teman yang senantiasa memberikan anda arahan, bimbingan, tujuan hidup, bahkan memberikan tuntunan kepada anda agar anda bisa meniti masa depan yang lebih baik.

Mentor friend ini seringkali bisa membuat diri anda itu maju, bisa membuat diri anda berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Mentor friend juga bisa membuat diri anda yang tadinya tidak tahu apa-apa menjadi tahu apa-apa.

Mentor Friend itu sangat dibutuhkan oleh anda yang ingin sukses di dunia bisnis. Kenapa demikian? Karena di dalam dunia bisnis penuh dengan liku-liku, penuh dengan tantangan, penuh dengan jurang yang terjal, penuh dengan masalah.

Makanya untuk mengatasi dan menghadapi itu semua maka anda perlu pembimbing. Kalau dengan adanya pembimbing, saya yakin minimal anda itu ada yang nuntun. Jika diibaratkan kalau anda sedang naik mobil maka disana ada GPS.

Memang walaupun dengan menggunakan GPS masih tetap ada resiko untuk tersesat, tapi minimal kalau anda ada GPS maka anda ada pemimbing. Sehingga resiko anda menuju ke tempat yang berbeda itu bisa diminimalisir waktunya oleh GPS.

Kalau anda tidak mempunyai pembimbing, maka resiko trial and error itu jauh lebih tinggi. Jadi anda tidak bisa pungkiri bahwa kegagalan itu pasti ada di dalam dunia bisnis. Kita mengalami jatuh bangun itu merupakan hal yang biasa.

Dengan adanya pembimbing, maka resiko kegagalan anda bisa diminimalisir sehingga resiko tersebut secara perlahan menjadi lebih sedikit. Jadi saya percaya mentor friend itu sangat penting, bukan cuma dalam dunia bisnis bahkan juga di dalam dunia kehidupan.

Misalkan anda kalau mau menikah, anda mungkin memilih calon pasangan. Disini tidak ada salahnya kalau anda berkonsultasi dengan orang yang menikah atau orang yang sudah memiliki riwayat pernikahan bahagia. Karena mereka secara tidak langsung mempunyai pengalaman yang lebih banyak.

Anda tidak bisa berkonsultansi kepada orang-orang yang belum sempat menikah. Kita percaya kalau orang yang sudah menikah bukan jaminan bahwa dia mentor yang baik, tetapi minimal mereka memiliki satu pengalaman yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang yang belum menikah.

Nah, itulah yang dinamakan mentor friend. Jadi disini sama juga dengan dunia bisnis. Minimal mereka berkecimpung di dalam dunia bisnis dan mereka sudah memiliki jam terbang yang lebih tinggi daripada orang yang tidak punya latar bisnis.

2. Carilah Teman Yang Bisa Menjadi Body Friend

Saya percaya body friend ini banyak kita miliki. Body friend itu biasanya berupa teman sekolah kita dulu, atau mungkin teman saat remaja seperti teman hura-hura, atau mungkin teman bermain bola. Body friend itu adalah orang yang akrab, teman yang bisa bercanda, dan di era teknologi sekarang kita punya banyak sekali body friend.

Contohnya teman-teman di sosial media seperti facebook ataupun teman tweeter. Kalau anda bikin status tidak jelas, nanti yang komen pasti banyak. Body friend hanyalah teman untuk mengisi waktu luang, teman yang bisa diajak bercanda, sekedar ketawa ketiwi.

Teman seperti ini biasanya cocok untuk menghilangkan rasa penat, teman yang bisa diajak bercanda dan tertawa. Tetapi perlu diingat bahwa biasanya dia hanya sekedar untuk menghilangkan waktu-waktu yang membosankan.

Tetapi body friend ini sendiri tidaklah mempunyai signifikansi untuk mendorong kemajuan dalam dunia bisnis anda. Karena mungkin mereka berbeda latar belakang dengan bisnis anda. Tetapi apakah body friend ini perlu? Jawabannya perlu, namun untuk sekedar mengusir rasa suntuk.

Tetapi proporsinya tidak bisa terlalu besar jika anda ingin mengejar karir dan masa depan. Karena biasanya kebanyakan anak-anak muda body friendnya sangat banyak dan mentor friendnya tidak terlalu didengar.

Salah satu mentor friend adalah orang tua atau mungkin juga paman, tetapi anda tidak banyak waktu untuk mereka. Karena apa? Anda mungkin lebih senang bergaul dengan teman-teman seusia. Sekali lagi, kalau anda ingin sukses di usia muda, waktu dengan body friend harusnya bisa dikurangi.

3. Carilah Teman Yang Bisa Menjadi Follower Friend

Follower friend ini adalah teman pengikut anda, orang yang mau mendengarkan anda. Maksudnya disini adalah anda menjadi mentor bagi teman-teman anda. Nah, adanya teman ini perlu juga, kenapa? Karena anda bertumbuh, anda maju karena mereka.

Anda menjadi lebih sukses seperti sekarang ini karena mereka. Anda menjadi lebih berdampak karena mereka. Nah, sekarang anda bisa dikatakan orang sukses jika anda bisa memiliki 3 jenis teman ini. Kekurangan salah satu anda tidak akan bisa sukses.

Contoh kalau anda tidak mempunyai body friend anda akan menjadi orang yang serius alias tegang terus. Sehingga kehidupan anda monoton dan anda tidak memiliki kehidupan sosial. Kehidupan anda hanya belajar dan belajar demi masa depan akibatnya anda tidak mempunyai teman.

Anda cuma punya body friend tidak punya mentor friend maka anda tidak kemana-mana. Nanti hidup anda cuma diisi dengan hura-hura semata. Anda cuma mempunyai follower friend, rasanya anda tidak mungkin kalau anda tidak punya mentor friend. Karena seorang mentor yang baik, dulu adalah follower yang baik juga. Jadi tiga-tiganya sangat penting.

Pada akhirnya, semoga tiga jenis teman ini bisa menginspirasi anda dan anda bisa semakin bijak dalam menentukan proporsi teman anda kalau anda ingin meniti karier untuk mencapai masa depan lebih baik. Sukses selau untuk anda dan wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar