Sabtu, 07 Januari 2017

4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Remehkan

Assalamualaikum Sahabatku sekalian. Senang sekali pada kesempatan kali ini kita bisa berjumpa kembali di blog kesayangan ini dengan judul 4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Remehkan. Tujuan saya disini sekedar sharing-sharing, dan belajar hal-hal yang bermanfaat untuk kita bersama agar masa depan kita bisa lebih baik. 

Dan tentunya para sahabatku sekalian dengan menyimak artikel di blog ini tentu masih banya kita harapkan agar blog ini bisa memberikan inspirasi-inspirasi terbaik setiap hari. Kali ini saya akan membagikan tips yang sangat sederhana yaitu tentang Tips-Tips Menghentikan Kebiasaan Buruk.

( Baca Juga : 3 Langkah Pasti Untuk Perubahan Hidup Anda )

Di artikel ini saya akan menuliskan 4 kebiasaan buruk yang selalu berdampak pada kehidupan kita, karir kita dan tentu lebih jauh lagi berdampak pada masa depan kita yang lebih baik. Lalu apa 4 kebiasaan buruk itu yang akan kita bahas kali ini ?

1. Kebiasaan Suka Menyalahkan

Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sangat fatal karena suka menyalahkan. Ini merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya dan ini akan membuat kita menjadi orang yang lepas dari rasa tanggung jawab. Padahal orang yang sukses adalah orang atau pribadi yang sangat bertanggung jawab. Orang-orang sukses jarang menyalahkan orang lain apalagi menyalahkan diri sendiri.

2. Suka Mencari-Cari Alasan

Orang yang sukses selalu mencari jalan, dan orang gagal selalu mencari-cari alasan. Orang sukses bahkan selalu kelebihan satu jalan, sedangkan orang gagal selalu kelebihan satu alasan. Kalau Kita suka mencari-cari alasan, itu bermakna Kita adalah orang yang excuse.

3. Kebiasaan Suka Mengeluh / Komplain

Kebiasaan buruk yang ketiga ini adalah kebiasaan buruk yang menghinggapi setiap orang di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri kalau saya perhatikan di sosial media, hampir 95% follower kalau diperhatikan timeline, maka akan didapati bahwa mereka sering mengeluh, stress dan galau. Padahal secara tidak disadari itu semua menghambat kehidupan yang lebih baik.

4. Kebiasaan Bergosib

Jangan bergosib ria karena itu merupakan suatu kebiasaan yang buruk. Kita tidak suka dikata-katain orang lain, demikian juga orang lain juga tidak suka di kata-katain oleh Kita. Tapi mengapa sebagian besar dari kita suka menggosib.

Oleh sebab itu 4 kebiasaan buruk ini, bagaimana cara atau tips untuk menghentikan 4 kebiasaan buruk ini. Sebetulnya secara tidak kita sadari sehari-hari kita itu seringkali melakukan 4 kebiasaan buruk ini. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya punya 1 tips dan 1 cara.

Cara tersebut adalah : siapkanlah sebuah buku dan jadikan buku itu sebagai buku kesadaran. Setiap orang kenapa memiliki 4 kebiasaan buruk tadi, karena kesadarannya lemah. Kalau kesadaran orang itu lebih baik, dia tidak akan suka berkeluh kesah.

Kalau orang melakukan 4 kebiasaan ini, percayalah biar secantik apapun fisik Kita, sekeren apapun body Kita, seberapa banyakpun uang Kita, seberapa sering Kita nampak eksis di sosial media, itu semua tidak ada artinya.

Ini terjadi karena Kita memiliki kebiasaan buruk yang banyak. Oleh sebab itu fungsi dari buku kesadaran tadi adalah untuk mengontrol perilaku kita setiap hari. Di dalam buku kesadaran tersebut terdapat 2 tabel, dimana tabel sebelah kiri adalah kebiasaan positif dan tabel sebelah kanan kebiasaan negatif.

Kalau Kita ingin menghentikan 4 kebiasaan buruk ini, maka penuhilah buku kesadaran ini. Buku kesadaran ini berfungsi untuk mencatat apa saja yang sudah kita kerjakan hari ini. Misalnya apabila Kita mengumpat atau mengeluarkan kata-kata negatif, itu berarti Kita suka mengeluh.

Nah, disitu Kita menulis kebiasaan negatif dan Kita tuliskan ‘’saya mengumpat hari ini dan jam berapa dituliskan’’. Berarti disini Kita meningkatkan kesadaran. Ketika kesadaran Kita meningkat secara otomatis kebiasaan buruk Kita akan berkurang.

Kalau kebiasaan buruk berkurang maka kebiasaan positif akan bertambah. Kalau kebiasaan positif bertambah otomatis hari-hari Kita akan dipenuhi dengan hal-hal yang positif. Kalau hari-hari Kita dipenuhi dengan hal-hal yang positif niscaya Kita melewati hari tersebut dengan sangat baik.

Otomatis Kita akan memiliki tabungan dan rancangan masa depan yang lebih baik. Contoh juga misalkan hari ini Kita suka menggosib. Menggosib mungkin di kampus, menggosib sama tetangga, menggosib sama teman sekantor, atau menggosib sama teman-teman di sosial media, chatting di facebook.

Eh tiba-tiba Kita sadar kenapa hari ini menggosib, saat itulah Kita tuliskan di buku kesadaran bahwa Kita hari ini menggosib. Dengan menggunakan tantangan dari buku kesadaran tadi, cobalah lakukan ini selama 30 hari berturut-turut.

(Baca Juga : Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari )

Kalau Kita melakukannya selama 30 hari berturut-turut, niscaya 4 kebiasaan buruk ini akan berkurang banyak. Dan pada akhirnya nanti kebiasaan positif akan lebih banyak. Misalnya Kita bertanya “misalnya : kalau saya melakukan kebiasaan positif contohnya saya beryukur hari ini, saya memuji orang hari ini, saya berkata-kata yang baik hari ini, saya banyak membaca buku ringan hari ini, saya mendengarkan audio atau kata-kata baik hari ini, apakah saya harus menulis?

’’ dijawab : ‘’ya Kita perlu menuliskan’’. Sekarang, selama 1 x 24 jam kebiasaan mana yang Kita lakukan lebih banyak? Nah, ini tantangan Kita, kalau kebiasaan negatif masih lebih banyak, berarti Kita sedang dalam proses menuju hal yang lebih baik. Saya percaya kalau 30 hari kedepan pasti kebiasaan negatif yang lebih banyak.

Tetapi kalau dalam 30 hari kedepan Kita konsisten, pasti kebiasaan positif yang akan lebih banyak. Dan jangan tanyakan kepada saya ‘’Pak apakah bisnis saya ini akan lebih baik, apakah kehidupan saya lebih baik, apakah jodoh saya lebih baik, apakah hutang saya akan lebih berkurang?’’ jangan tanya sama saya tapi lakukanlah dulu kebiasaan ini. Niscaya dan saya tidak menjanjikan banyak, niscaya kehidupan Kita akan berubah lebih baik.

Demikian artikel sederhana dan pendek ini dibuat dengan judul 4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Remehkan. Semoga dengan membaca artikel ini akan menjadikan kita semua orang yang lebih baik lagi. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar