Kamis, 05 Januari 2017

Mindset Orang Sukses dan Orang Gagal

Assalamualaikum sahabat-sahabatku sekalian.  Pada artikel kita ini, kita akan membahas tema yang besar yaitu ‘’Mindset Orang Sukses dan Orang Gagal’’. Sebetulnya sesuai dengan judul artikel pada kali ini, sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang masalah ini. 

Maka pada kesempatan kali ini saya juga akan paparkan supaya anda mendapatkan gambaran dan keterangan secara terperinci tentang Mindset Orang Sukses dan Orang Gagal. Anda bisa membacanya berulang-ulang dan anda pelajari sendiri di rumah.

Tujuan penulisan artikel ini bertujuan untuk menginspirasi dan membuka cakrawala berfikir orang-orang kebanyakan. Pondasi penulisan artikel ini terinspirasi dari sebuah buku berjudul The Secret Of Milionaire Mind yang ditulis oleh T. Harv Eker yaitu pada tahun 2005.

Pada artikel ini terdapat 17 poin yang saya yakin akan menggedor cara berfikir anda. Jujur artikel ini tidak saya rekomendasikan bagi anda yang tidak siap membacanya, karena disini banyak sekali kata-kata dan kalimat-kalimat yang mungkin bertentangan dengan cara berfikir anda.

Dan mungkin sebagian besar dari anda setelah membaca artikel bisa saja tersinggung. Mungkin juga anda akan merasa tertampar atau mungkin anda merasa terintimidasi. Nah, sekali lagi saya tidak ada maksud ke arah itu semua, akan tetapi tujuan saya adalah untuk merubah cara berfikir anda.

Orang-orang yang sudah sukses dan sudah menjadi miliader, mereka itu cara berfikirnya tidak sama dengan orang kebanyakan. Sehingga dengan membaca dengan seksama artikel ini, anda bisa belajar banyak dari mereka dan bisa mengambil manfaat yang sangat banyak.

Inilah beberapa perbedaan cara yang dilakukan orang sukses dan juga orang yang gagal, antara lain : 

1. Orang Sukses Percaya ‘’Saya Bertanggung Jawab Terhadap Diri Saya’’, Sedangkan Orang Gagal Selalu Menyalahkan Barang, Orang dan Situasi

Oke, contohnya seperti apa? Contohnya adalah seperti ini, ‘’kalau saya gagal, saya yang bertanggung jawab’’ ‘’kalau saya hari ini mengalami kebangkrutan saya yang bertanggung jawab’’. Tapi kalau orang gagal selalu menyalahkan orang lain.

Orang gagal menyalahkan customernya lah, menyalahkan pelanggannya lah, menyalahkan atasannya lah, menyalahkan pabriknya lah, menyalahkan supplier dll. Intinya dia tidak ada yang salah, selalu orang lain yang salah. Nah, anda mau pilih yang mana?

Orang sukses, sekalipun yang salah orang lain, tapi dia menyalahkan dirinya sendiri. Kenapa? Karena dia percaya kesalahan itu adalah tujuannya untuk memperbaiki kompetensinya. Bukan orang lain yang disalahkan atas keadaan itu.

Ingat! Sahabatku sekalian, michael jordan, salah satu legenda basket dunia, ketika timnya kalah, dia tidak menyalahkan timnya. Dia sebagai kapten tim dia ngomong ‘’this is my fall’’ ini adalah kesalahan saya. ’’because i’m the captain’’ saya adalah kaptennya.

Dia tidak menyalahkan orang lain, ini salah, itu salah....tidak!. ‘’ini adalah salah saya’’. Nah, itu cara berfikir yang pertama. Bisakah anda berfikir demikian? Anda yang memilih.

( Baca Juga : 3 Tips Berbisnis Bagi Pemula )


2. Orang Kaya Memegang Kendali Atas Kondisi Keuangannya. Sedangkan Orang Gagal, Selalu Dikendalikan Oleh Kondisi Keuangannya.

Maksudnya begini, orang kaya, mereka itu selalu senantiasa, selalu berfikir bagaimana uang ini bekerja untuk saya. Mereka bukan berarti tidak pernah mengalami kondisi kesulitan financial. Mereka bahkan mungkin pernah bangkrut, mereka mungkin pernah mengalami di rekeningnya tinggal Rp. 50.000,- atau Rp. 10.000,- mungkin.

Mereka juga pernah mengalami hal yang demikian. Orang sukses selalu tahu bagaimana caranya membuat uang selalu bekerja untuk mereka. Namun kalau orang yang gagal selalu kekurangan uang terus, dan akhirnya mereka mengatakan ‘’aduh, ini memang sudah nasib saya selalu miskin’’, ‘’saya ini selalu ditakdirnya bukan menjadi orang kaya’’. Nah, sabaha enterprener, rubahlah cara berfikir anda!.

3. Orang Kaya Berkomitmen Menjadi Kaya, Sedangkan Orang Miskin Cuma Pengen Kaya.

Nah, anda tipe yang mana? ‘’siapa mau kaya?’’ dijawab ‘’saya’’. Setiap kali saya mengisi seminar ‘’siapa yang pengen kaya’’ dijawab ‘’saya’’ ‘’siapa yang berkomitmen untuk kaya?’’ yang angkat tangan jumlahnya kurang dari separoh gedung.

Kenapa? Karena pengen sama komitmen itu beda. Kalau pengen, yaa..semua orang pengen kaya, semua orang pengen sukses. Tapi komitmen itu anda mau bayar harganya nga? Mau nggak bangunn lebih pagi, tidur lebih malam.

Mau ngak anda hari ini melakukan hal yang berbeda dibandingkan dengan teman-teman seusia anda. Ketika teman-teman seusia anda sedang main game, nogkrong di mall, membicarakan sesuatu yang ngak ada hubungannya sama masa depan, tapi anda hari ini justru melakukan sesuatu yang berbeda, berbisnis mungkin contohnya. Nah, itulah orang yang berkomitmen untuk sukses. Nah, ini sangat berbeda, pengen dengan komitmen.

4. Orang Sukses Berfikir Sukses, Sedangkan Orang Gagal Selalu Berfikir Sempit.

Orang sukses mereka selalu mencari cara, mereka selalu berfikir optimis. Sedangkan orang yang gagal, ketika menemui masalah, mereka sudah pesimis duluan.

5. Orang Sukses Selalu Mencari Jalan, Dan Orang Gagal Selalu Mencari Alasan.

Anda tipe yang mana? Kalau anda tipe orang yang gagal, mohon maaf, anda mungkin saat membaca artikel sederhana ini anda mungkin berfikir ‘’oh iya selama ini saya suka mencari-cari alasan’’ atau sebaliknya anda jadikan alasan tersebut sebagai jalan untuk anda menjadi sukses.

6. Orang Sukses Selalu Mengagumi Kesuksesan Orang Lain, Orang Gagal Selalu Iri Melihat Kesuksesan Orang Lain.

Ayo, anda tipe yang mana? Apakah anda hari ini kalau melihat orang sukses, anda langsung berkata ‘’o iya, dia dari (orang) suku tertentu’’ , ‘’oh, iya dia dari kalangan anak pejabat’’ ‘’oh, iya dia anak kalangan pengusaha’’ ‘’oh, iya berat badannya tinggi’’ ‘’oh, iya karena orangnya keren’’ sukses tidak ada kaitannya sama itu semua.

Anda tidak perlu iri dengan kesuksesan orang lain. Tetapi orang yang sukses, mereka belajar bagaimana orang sukses itu bisa berhasil. Mereka mempelajari kita-kiatnya, mereka mempelajari cara berfikirnya, mereka mempelajari perilakunya, dan mereka mempelajari apa yang dilakukan oleh mereka setiap hari. Jangan iri sama mereka!

7. Orang Sukses Selalu Berkumpul Dengan Orang Sukses, Sedangkan Orang Gagal, Mereka Juga Punya Kumpulan Orang Gagal.

Pemabok kumpulnya sama pemabok, kritikus kumpulnya sama kritikus, penggosib kumpulnya sama penggosib. Anda harus tahu, manusia itu suka berkomunitas. Salah satu ciri-ciri orang yang sukses yaitu mereka selalu berbicara ide,ide apa yang akan dilakukan untuk masa depan lebih baik.

Tapi orang gagal selalu menyalahkan keadaan, kondisi saat ini, komplain saat ini, mengeluh saat ini. Ceritanya seputar itu-itu saja, ngak ada cerita seputar dunia harapan untuk masa depan lebih baik. Nah, anda tergolong yang mana?

8. Orang Sukses Selalu Tahu Bagaimana Cara Mempromosikan Dan Berjualan, Bisa Mengubah Sampah Jadi Uang. Sedangkan Orang Gagal Cuma Tahunya Buang Sampah.

Iya kan? Sudah itu dibuang dipinggir jalan dan tidak dimasukkan tong sampah. Artinya apa? Mereka negatif. Allah....saya ngak pandai bicara lah, saya ngak pandai ngomong lah, saya hari ini ngak pandai mempromosikan sesuatu lah, saya hari ini ngak bakat lah.

Ingat sahabat enterprener, sukses tidak ada kaitannya dengan itu semua. Orang sukses 9 orang terkaya di dunia, sory, 10 orang terkaya di dunia, yang sembilan itu mereka berasal dari dunia yang berlatar belakang sel dan penjualan.

Mereka pandai mempromosikan produk mereka. Mereka pandai menjadikan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Bukan karena mereka itu sudah dilahirkan pandai berjualan, tidak! Tapi mereka juga belajar. Nah, anda tergolong yang mana? Sekali lagi anda sendiri yang cek.

9. Orang Sukses Selalu Lebih Besar Dari Masalah, Sedangkan Orang Gagal Selalu Lebih Kecil Dari Masalah.

Ketika orang sukses menghadapi masalah, dia bilang ‘’ah ngak papa, masalah ini untuk mendewasakan diri saya, masalah ini ada untuk membuat saya belajar’’ tapi ketika masalah ini menimpa orang gagal maka mereka akan berkata ‘’nasip....nasip, kok selalu saja saya ini ditimpa kemalangan, kok selalu hidup saya ini sial terus’’. Dan inilah ciri-ciri orang yang gagal. Anda tergolong yang mana?

10. Orang Sukses Itu Bisa Menerima Masukan Orang Lain, Sedangkan Orang Gagal Susah Menerima Masukan Dari Orang Lain

Orang sukses merupakan pendengar yang baik, Ketika mereka dikritik, mereka dengan senang hati menerimanya. Ketika mereka menerima masukan, mereka dengan senang hati menerima masukan dari orang lain. Tapi orang gagal, dia langsung berfikir ‘’hallah ngak mungkin, hallah ini susah’’. Kalau diberikan peluang mereka ngomong ‘’ahhh...sudahlah, ini MLM lah, ini asuransi lah’’. Orang gagal selalu langsung berfikir negatif, padahal belum juga mendengar, tapi langsung saja asumsinya negatif seperti itu. Ada apa yang salah sih dengan MLM? Ada apa sih yang salah dengan peluang baru? Mungkin banyak orang berfikir seperti itu. Coba dengarkan dulu pendapat orang lain. Nah, anda mungkin berpandangan seperti itu.

11. Orang Sukses Dibayar Berdasarkan Omset Penjualan, Mereka Mau Dibayar Berdasarkan Prestasi Mereka. Sedangkan Orang Gagal Dibayar Berdasarkan Waktu Yang Mereka Berikan Pada Perusahaan.

Disini maksudnya orang sukses berwirausaha. Tapi bukan berarti karyawan disini saya kategorikan sebagai orang gagal. Tapi yang saya kategorikan orang gagal disini adalah, mereka tidak mau mengubah cara berfikir mereka. Mereka Cuma berfikir ‘’halahh....ngak mungkin lah, saya ngak bakat lah, saya ngak bisa lah’’ jangan berfikir dulu seperti itu.

12. Orang Sukses Selalu Berfikir Win-Win (Kamu Untung Saya Untung), Tapi Orang Gagal Selalu Berfikir Win-Lose (Apa Yang Bisa Saya Makan Dari Kamu).

Nah, sahabat enterprener, hati-hati, jangan Cuma berfikir untuk keuntungan diri sendiri, tapi selalu berfikirlah keuntungan orang lain. Dengan begitu niscaya anda akan dipercaya oleh orang lain. Kalau anda bisa dipercaya oleh orang lain, orang lainpun akan senang bekerja sama dengan anda. Jangan Cuma berfikir bagaimana cara memperkaya diri sendiri. Dan itulah cara orang gagal dalam berfikir.

13. Orang Sukses Membangun Aset Dan Asetnya Yang Memberikan Dia Penghasilan, Sedangkan Orang Gagal Fokus Bekerja Seumur Hidupnya Untuk Mencari Penghasilan.

Nah, ini dua hal yang berbeda. Orang sukses bangun aset dan asetnya yang menggaji dia. Sedangkan orang gagal mencari gaji. Ingat sahabatku sekalian, manusia hidup itu bekerja cuma bisa berapa tahun sih? Taruhlah ia bekerja dari usia 25, usia 50 atau 60 mungkin sudah pensiun.

Dia kalau bekerja dengan mencari gaji terus, paling bekerja lamanya 30 tahu. Itupun dengan asumsi tidak di PHK. Dan dia Cuma berharap pesangon ataupun dia Cuma berharap dari uang dana pensiun. Tetapi orang sukses, selama hidupnya dia menghasilkan penghasilan, dia bangun dengan aset.

14. Orang Sukses Bisa Menyimpan Uang Yang Dihasilkan, Orang Gagal Selalu Menghabiskan Penghasilan Yang Didapat.

Nah, inilah dia perbedaan paling utama. Orang gagal hanya senang saat menerima gaji, tapi sesudah itu habis untuk bayar ini dan itu. Sedangkan orang sukses selalu bisa menyimpan uang yang dihasilkan, dan hasil simpanannya digunakan untuk aset. Mari merubah cara berfikir anda.

( Baca Juga :  4 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Remehkan )

15. Orang Suskses Selalu Bisa Membuat Uang Bekerja Untuk Dia, Sedangkan Orang Gagal Selalu Bekerja Mencari Uang.

Untuk penjelasannya sudah kita bahas pada pembahasan sebelumnya.

16. Orang Sukses Bisa Mengatasi Ketakutan, Orang Gagal Selalu Dikalahkan Oleh Rasa Takut.

Contoh ketika ada tantangan ataupun masalah, orang sukses selalu melihatnya sebagai tantangan. Dan orang sukses selalu berusaha mencari cara bagaimana dia bisa melewati tantangan itu. Tapi kalau orang gagal, mereka belum-belum sudah pesimis dan berkata ‘’ahhh...tidak mungkin’’ atau ‘’ahhh....tidak bisa lah’’. Nah dari sini anda termasuk orang yang mana?

17. Orang Sukses Selalu Haus Akan Ilmu Pengetahuan Dan Pengembangan Diri, Sedangkan Orang Gagal Mengatakan ‘’Saya Tahu Anda, Saya Sudah Tahu Segalanya’’.

Dengan membaca artikel ini, anda tergolong orang yang mana? Kalau anda sudah bisa menyimak sampai ke poin terakhir ini, berarti anda tergolong orang yang mau sukses. Dan kalau anda orang yang mau berkomitmen untuk sukses, anda bukan hanya membaca tips ini sekali akan tetapi anda akan membacanya berpuluh-puluh kali.

Sampai anda benar-benar bisa mendobrak cara berfikir anda yang lama. Dan ini tentunya tidak mudah, ketika anda menghadapi tantangan, ketika anda menghadapi masalah, anda kuatkan diri anda dengan membaca artikel ini.

Dengan cara seperti ini maka lambat laun cara berfikir anda (mindset) yang lama akan didobrak dan didobrak dan lama-lama akan membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baru.

Demikianlah ulasan tentang Mindset Orang Sukses dan Orang Gagal, semoga artikel ini bisa memotivasi anda. Sukses Selalu Untuk Kita Semua, Wassalamualaikum.

3 komentar:

  1. Orang gagal juga tidak mau belajar dari kegagalan orang lain , yang mereka anggap orang tersebut banyak cari alasan , menyalahkan kondisi , dll . Dan akhirnya ?

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin sukses, tau ga sih temen-temen kalo ternyata kebiasaan bawa ponsel pas rapat di kantor bukan ciri orang yang sukses. Mau tau kenapa? Yuk cek jawabannya di sini: Bawa ponsel saat rapat tidak profesional

    BalasHapus