Rabu, 11 Januari 2017

Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari

Sahabat Entrepreneur, salam hebat luar biasa. Saya mau memberikan tips kali ini Bagaimana Menjaga Energi Positif Setiap Hari. Menyambung dari pembahasan saya sebelumnya, yaitu 3 Kebiasaan Kecil Yang Dilakukan Oleh Orang Sukses Setiap Hari, disitu saya pernah membahas tentang apa yang saya lakukan setiap hari. 

Pertama Jangan Pernah Lupa Bersyukur, Kedua Melakukan Afirmasi, Ketiga Menulis Jadwal Apa Yang Akan Dilakukan Esok Hari. Disini saya sendiri sudah punya jadwal lengkap. Jadi setiap akan memasuki tahun yang baru saya sudah memiki jadwal sepanjang tahun berikutnya.

Dan kebiasaan itu hampir sudah saya lakukan sejak 15 tahun yang lalu. Dan saya sudah mempunyai planning yang sangat lengkap, sehingga semua jadwal saya sudah tertata dengan rapi. Kapan saya harus traveling, kapan saya harus mengisi seminar, kapan saya harus menemui tim bisnis saya, kapan saya harus meeting dan sebagainya. Itulah seluruh aktivitas saya yang memang terbilang cukup padat.

( Baca Juga : Bagaimana Caranya Meningkatkan Kualitas Hidup Anda )

Dan yang terpenting selain saya mengurusi bisnis dan karier, saya juga mempunyai jadwal untuk mengurusi keluarga saya. Bahkan di kota saya, saya setiap pagi masih bisa mengantarkan anak saya pergi ke sekolah. Jadi menjaga energi positif itu adalah mudah sekali. Selain 3 kebiasaan tadi saya akan membagikan tips tambahan di pembahasan kali ini yaitu :

1. Anda Jangan Lupa Makan Makanan Yang Sehat

Kebetulan saya ini adalah seorang vegetarian. Saya sudah bervegetarian baru 20 tahun. Jadi saya sudah bervegetarian sejak usia saya masih 19 tahun. Saya banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Itulah pola makan saya setiap hari. Saya selalu makan makanan alami dan memperbanyak buah, karena itu makanan alami.

Oleh sebab itu dengan makanan itu akan sangat mendukung untuk menampilkan energi positif. Kalau kita ingin memiliki energi positif maka dapat dilihat dari apa yang anda makan. Kalau apa yang anda makan setiap hari itu adalah racun ‘’junk food’’ atau goreng-gorengan, maka semua makanan tadi sangat mempengaruhi performa pekerjaan anda dan fisik anda.

Kalau yang anda makan setiap hari itu banyak goreng-gorengan, tidak banyak makan makanan yang sehat dan bergizi, kemudian anda tidak memperdulikan masalah nutrisi, maka itu akan membuat pola hidup anda menjadi berantakan.

Karena apa yang anda makan itu akan mempengaruhi mood anda. Kalau mood anda itu menjadi negatif, dan itu tidak salah karena apa yang anda makan itu asal. Kalau kebanyakan orang Indonesia adalah yang penting kenyang. Karena prinsip ini, maka anda tidak memperdulikan masalah nutrisi. Bahkan pendiri facebook saja yaitu Mark Zulkerberg adalah adalah seorang vegetarian.

Selain itu banyak tokoh-tokoh dunia juga seorang vegetarian seperti mantan petinju kelas berat Mike Tyson. Para bintang-bintang film dunia juga banyak yang menjadi vegetarian, kenapa demikian? Karena mereka ingin menjaga performa. Para tokoh-tokoh dunia ini tidak sembarangan di dalam makan.

Nah, orang Indonesia ini memang pola makannya kurang baik dan saya tidak setuju dengan semua itu. Seperti makan goreng-gorengan dan juga makanan-makanan yang gurih yang ditambahkan vetsin dan lain sebagainya.

2. Makan Sehari 3 Kali

Saya tidak ekstrim di dalam makan. Saya sama seperti kebanyakan orang yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Makan malampun saya makan paling lambat sekitar jam 6 atau jam 7 sesudah itu saya tidak makan lagi. Tapi saya perhatikan orang Indonesia kebalik, justru mereka malam banyak makan.

Sehingga saat bangun tidur mereka kesiangan. Nah, dari sini bagaimana anda bisa menjaga energi yang positif? Kemudian makan sukanya makanan yang digoreng, makanannya yang ayam, bebek yang mana itu semua full kolesterol. Itu semua makanan-makanan yang menurut saya kurang baik. Perbanyaklah makan makanan sayur dan buah.

3. Rutin Berolahraga

Saya seminggu bisa berolahraga sebanyak 5 kali. Olahraga rutin saya adalah jogging, renang, dan bela diri. Saya juga menemani putra saya yang sulung berlatih bela diri. Kadang-kadang saya juga seminggu dua kali masih bisa bermain basket.

Jadi aktivitas olahraga saya cukup padat. Karena saya ingin membakar kalori dari makanan yang saya makan. Dan karena saya menjaga performa saya seperti itu, jadi itu menjadikan energi positif saya selalu terjaga. Saya tidak pernah menemukan orang yang memiliki energi positif dia malas berolahraga.

Orang yang malas berolahraga itu pasti bawaannya suntuk melulu dan galau melulu. Kenapa? Karena mereka tidak biasa bergerak dan tidak biasa beraktivitas. Hari ini saya bukan mau menceritakan bahwa semua harus jadi olahragawan..tidak. Tatapi minimal kalau anda memiliki aktivitas olahraga, minimal itu adalah aktivitas yang positif.

( Baca Juga : Bagaimana Caranya Membuat Uang Bekerja Untuk Anda )

4. Membaca Buku

Kemudian aktivitas berikutnya adalah saya gemar membaca buku. Salah satunya adalah buku karya saya sendiri yaitu ‘’Badai Pasti Berlalu’’. Saya sekarang juga banyak menemukan audio-audio yang positif yang sekarang banyak di Youtube.

Anda bisa memilihnya chanel-chanel yang memotivasi dari berbagai motivator besar dunia. Sekarang para guru-guru besar tersebut sudah memiliki chanel-chanel sehingga anda bisa banyak belajar dari sana. Kebiasaan seperti ini akan menjaga performa energi positif anda.

Jadi dari apa yang anda makan, kemudian pola olahraga anda, kemudian baca buku pengembangan diri, banyak dengan audio positif. Niscaya kalau anda bisa melakukan kebiasaan seperti ini, saya yakin apa yang anda makan, apa yang anda baca, itu akan menentukan seberapa baik energi positif anda setiap harinya.

Demikianlah tips-tips dari saya semoga anda menyukainya. Bila anda menyukainya silahkan di share ke teman-teman anda. Salam sukses luar biasa.



Sumber : Chandra Putra Negara
Motivator dan Pengusaha Sukses Di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar