Jumat, 13 Januari 2017

Cara Menghilangkan Masalah

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa. Pada tips kali ini di channel SB30 saya ingin berbagi sebuah tips yang cukup menarik, yang mana topik ini banyak dihinggapi oleh hampir semua orang di dunia ini yaitu M-A-S-A-L-A-H. 

Banyak orang di dunia ini yang pusing dengan masalah. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kalau anda terkena masalah apa yang harus anda lakukan? Untuk itu saya akan membagikan kepada anda tips Cara Menghilangkan Masalah.

Kita tentu sudah banyak tahu bahwa banyak sekali orang-orang yang nekat untuk bunuh diri gara-gara masalah yang dialaminya. Seandainya masalah bisa dihilangkan, maka tentu tidak akan ada lagi orang yang melakukan bunuh diri.

Jika masalah bisa dihilangkan, maka dokter jiwa dan rumah sakit jiwa akan sepi pasien, obat-obatan penenang tidak akan laku, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui sahabat entrepreneur bahwa yang namanya hidup itu tidak akan pernah lepas dari masalah. 




Masalah akan selalu ada dan tidak akan hilang sejak jaman dahulu sampai sekarang dan sampai masa depan sekalipun. Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membahas definisi dari masalah itu sendiri. Sekarang saya ingin bertanya kepada anda :

•    MASALAH itu apa sih?
•    Manusia mana di muka bumi ini yang tidak menghadapi masalah?

( Baca Juga : Mindset Orang Sukses dan Orang Gagal )

Anda di dunia ini kalau menghadapi masalah maka anda hanya punya dua hal :

•    Anda hadapi, atau
•    Anda lari dari kenyataan.

Bukankah dari kecil kita sudah biasa menghadapi masalah? Saat anda lahir anda punya satu masalah.

•    Apakah anda bicara dulu, ataukah
•    Anda belajar berjalan dulu.

Kenyataanya anda tetap bisa melewati masalah tersebut. Anda tidak banyak berfikir dan anda bisa langsung berjalan. Tentunya yang dimaksud berjalan disini maksudnya lewat proses, misalnya tengkurep, duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Apakah sesudah anda berjalan maka masalah anda akan selesai? Ternyata tidak. Setelah berjalan anda akan mempunyai masalah yang baru :

•    Apakah anda hari ini mau berlari, ataukah
•    Anda ingin naik sepeda.

Nah, ini adalah masalah saat anda sudah mulai bisa berjalan. Dan masalah ini juga dialami oleh anak-anak yang lain di seluruh dunia. Kemudian saat anda masuk ke sekolah di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar, maka anda akan dihadapkan pada masalah kenaikan kelas.

Untuk bisa naik kelas maka anda harus melewati tahapan-tahapan sebelumnya yang jauh lebih sulit yaitu belajar, mengerjakan PR, Ujian Nasional dan lain sebagainya. Dari sini saja sudah bisa kita bayangkan dan kita saksikan sendiri bahwa setiap orang tidak akan pernah lepas dari masalah.

Oleh karena itu saya menyarankan kepada anda, kalau anda ingin naik kelas, maka anda harus bisa mengatasi masalah. Nah, masalah ini bisa kita definisakan.

Definisi masalah bagi orang gagal adalah :

•    Bencana
•    Ujian
•    Hukuman Tuhan
•    Apes atau nasib lagi sial
•    Mungkin saya terkena santet

Serta masih banyak lagi istilah-istilah di Indonesia dalam menanggapi masalah yang datang menimpa orang-orang gagal.

Tetapi bagi orang sukses, masalah itu definisinya adalah :

•    Tantangan
•    Pelajaran
•    Menemukan cara baru
•    Hadiah
•    Karunia
•    Membuat orang semakin kuat

Bagi orang-orang sukses tidak ada orang yang lebih hebat, lebih kuat tanpa mengatasi masalah. Wahai sahabat entrepreneur, bila anda saat ini sedang menghadapi problem baik itu :

•    Masalah Finansial
•    Masalah Karier
•    Masalah Cinta
•    Masalah Keluarga

Maka disini pesan saya cuma satu, anda mau naik kelas nggak? Kalau anda ingin naik kelas maka selesaikan masalah itu. Serta jangan menjadikan masalah sebagai ‘’Masalah’’. Kenapa saya bilang masalah itu dalam tanda kutip, karena rubah dulu definisi masalah itu yang tadinya negatif menjadi positif.

Kenapa harus anda rubah dulu definisi masalah itu menjadi positif? Sebab kalau anda ikuti terus definisi-defini masalah yang negatif maka hidup anda akan penuh masalah terus. Jika diibaratkan masalah itu sebagai gelombang vibrasi negatif, maka anda hanya akan semakin memperbesar gelombang tersebut.

Kenapa bisa demikian? Karena anda sendiri yang mengundang gelombang vibrasi negatif tersebut. Tetapi kalau masalah itu bisa anda definisikan menjadi hal yang positif, maka saya percaya hal-hal positif itu akan memberikan anda kekuatan lebih baik.

Kekuatan disini bisa berupa kekuatan mental yang lebih baik atau kekuatan spiritual yang lebih baik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan fakta kepada anda bahwa orang sukses yang ada di muka bumi ini telah banyak menyelesaikan masalah.

Kita bisa ambil salah satu contoh pemeran Rocky yaitu Sylverster Stalone yang kini sudah menginjak usia senja dan sukses dalam film Rocky 1, Rocky 2, Rocky 3 sampai dengan Rocky 6.  Dimana dia juga sukses memerankan Rambo 1, Rambo 2 dst.

Tahukah anda bagaimana di bisa mendapatkan naskah film Rocky? Ternyata dia pernah ditolak oleh produser film sebanyak 1.544 kali dan hebatnya dia tidak mengatakan bahwa dia ditolak 1.544 kali, tapi dia mengatakan bahwa mungkin saya belum menemukan formula yang tepat untuk mempresentasikan naskah sekenario saya kepada produser sehingga mereka tidak tertarik.

Namun bagi orang gagal mereka mengatakan bahwa kegagalan 1.544 kali itu adalah sebuah bencana dan langsung memvonis dirinya sebagai orang yang tidak berbakat. Kenapa pada akhirnya naskah film Rocky bisa diterima?

Itu karena Sylverster Stalone sudah penolakan skenarionya sebanyak 1.544 kali dengan cara yang kurang tepat, dan pada sodoran ke 1.555 akhirnya produser mau menerima skenarionya karena sudah menggunakan cara yang tepat.

Contoh lainnya adalah penemu lampu yaitu Thomas Alfa Edison. Sebelum lampu yang sekarang ini sudah kita nikmati di seluruh dunia, ternyata Thomas Alfa Edison sudah mengalami kegagalan ribuan kali yaitu sebanyak 9000 kali gagal.

Ketika dia sudah berhasil menciptakan lampu, datanglah seorang wartawan menanyakan padanya ‘’Hai Thomas, anda sungguh luar biasa, anda sudah gagal sebanyak 9000 kali dan kini akhirnya anda berhasil, pertanyaan saya apa yang anda lakukan seandainya anda gagal sekali lagi?’’

Maka Thomas Alfa Edison menjawab ‘’Seandainya saya gagal satu kali lagi, maka saya tidak akan omong kosong dengan anda saat ini, saya akan langsung kembali ke dalam Laboratorium saya dan kembali melakukan eksperimen’’. Lalu dia melanjutkan perkataannya ‘’Karena saya tidak gagal 9000 kali, tapi saya tidak menemukan cara yang tepat sebanyak 9000 kali.

( Baca Juga : 3 Tips Berbisnis Bagi Pemula )

Dari dua contoh diatas, bisa kita bayangkan bagaimana hebatnya orang sukses dalam mendefinisikan masalah yang dia hadapi. Nah sekarang saya kembalikan kepada anda, kalau anda menumpahkan seluruh kegalauan anda, kegelisahan anda dan ketidaknyamanan anda Sosmed seperti Facebook dan Tweeter apakah anda permasalahan anda selesai? saya rasa tidak.

Dengan melakukan hal itu anda malah akan mengundang masalah-masalah baru. Jadi menurut saya, sebaiknya anda mensyukuri masalah-masalah yang anda hadapi dengan lapang dada. Oleh sebab itu saya memberikan anda solusi yang bisa dilihat di pembahasan-pembahasan yang lain seperti 5B, Banyak Bersyukur, Banyak Beramal, Banyak Bersedekah, dan Banyak Berdoa.

Dengan berdoa dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta semoga hati anda akan tenang dan bahagia. Rasa khawatir, galau, gelisah, takut, cemas dan lain sebagainya bisa ditenangkan dengan berdoa. Mulai sekarang rubahlah definisi masalah anda menjadi positif sehingga masalah anda akan cepat teratasi dan anda akan cepat naik kelas di universitas kehidupan. Semoga postingan ini bermanfaat, salam hebat luar biasa.

Sumber : Chandra Putra Negara
Motivator dan Pengusaha Sukses Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar