Selasa, 17 Januari 2017

Kekuatan Fokus!! Hukum 10.000 Jam

Sahabat entrepreneur, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah topik yang sangat penting yaitu Kekuatan Fokus, Bagaimana Hukum 10.000 Jam. Baiklah, saya hari ini ingin membahas tentang Kekuatan Fokus. 

Kekuatan fokus itu merupakan kekuatan yang sebetulnya sudah sering kita dengar. Dimana kita tidak mungkin sukses kalau kita itu tidak fokus terhadap segala hal. Disini saya akan membahas tentang kekuatan fokus itu dari sudut pandang yang berbeda.

Topik ini saya ambil dari sebuah buku yang berjudul ‘’Outliers’’ yang dikarang oleh Malcolm Gladwell. Di dalam bukunya ini Malcolm Gladwell membahas tentang hukum 10.000 jam. Memang hukum 10.000 itu tidak ada satu hukum yang pasti. 


Tetapi disini yang saya ingin ulas dan ingin tekankan bahwa segala sesuatu yang dilakukan berulang-ulang secara konsisten, maka saya percaya bahwa suatu saat pasti akan membuahkan hasil. Sebagai contoh sederhana adalah saat kita masih duduk di bangku SD, kita diajarkan oleh guru kita tentang kaca pembesar dan sinar matahari.

( Baca Juga : 4 Cara Mengubah Mindset )

Saat kaca pembesar dipantulkan ke kertas yang berada di bawah sinar matahari dan fokus ke satu titik di kertas, maka dalam waktu beberapa menit saja kertas tersebut akan terbakar. Hasilnya akan berbeda bila kaca pembesar tadi dipantulkan ke kertas hanya beberapa detik saja dan tidak fokus, maka kertas tidak akan terbakar.

Nah sahabat entrepreneur, disini jelas sekali perbedaan antara kertas yang terbakar dan kertas yang tidak terbakar yaitu kuncinya terletak pada kekuatan fokus. Hukum 10.000 jam yang dibahas oleh Malcolm Gladwell yaitu tentang Ketekunan Menghasilkan Buah.

Di dalam perbincangan tentang Hukum 10.000 jam ini terdapat sebuah teori bahwa apapun bidang anda baik itu sebagai programing, guru, musisi, koki, pedagang dan lain sebagainya maka disini anda bisa sukses kalau anda bisa konsisten selama 10.000 jam.

Untuk lebih jelasnya kita bisa ambil contoh yang sangat luar biasa yaitu apabila anda bisa konsisten belajar 1 jam perhari atau mengerjakan sesuatu yang kita lakukan setiap hari selama 1 jam, maka dalam hukum 10.000 jam anda akan menjadi seorang pakar.

Oleh karena itu kalau anda ingin menjadi seorang pakar di dalam satu bidang, maka anda harus melakukannya selama 10.000 jam. Apabila 1 hari 1 jam kemudian 1 tahun 360 hari maka asumsinya 5 hari per minggu maka anda sekitar 240-250 hari per tahun maka saya percaya nanti anda akan menjadi pakar dalam waktu 27 tahun kemudian.

Jadi kalau anda misalnya hari ini bermain gitar selama 1 jam dan anda melakukannya secara konsisten setiap hari 1 jam, maka anda akan menjadi seorang pakar gitar 27 tahun kemudian. Jadi misalkan hari ini anda berusia 11 tahun, maka pada usia 38 tahun anda sudah menjadi seorang pakar gitar.

Saya sendiri bergerak dibidang direct selling. Saya memulai industri direct selling waktu saya berusia 19 tahun. Dan saya melakukan presentasi atau berjualan per harinya rata-rata 5 sampai 8 jam. Tetapi pada awal-awal saya membangun bisnis saya, perharinya tidak jarang saya bisa sampai 16 jam perhari.

Oleh sebab itu saya bisa mencapai posisi puncak di perusahaan saya hanya dalam waktu 1,5 tahun saja. Kenapa saya bisa lebih cepat dari orang-orang kebanyakan, padahal untuk bisa mencapai posisi seperti saya sekarang maka orang rata-rata membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 tahun.

Lalu apa kuncinya? Kuncinya adalah karena saat itu saya bisa 15 kali lebih banyak perhari dibandingkan dengan orang rata-rata. Kalau orang rata-rata hanya 1 jam perhari, saya bahkan bisa 15 sampai 16 jam perhari.

Jadi kalau anda bisa menjadi pakar setelah 27 tahun, maka saya bisa 16 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan orang rata-rata. Jadi tidak salah perhitungannya kalau 27 dibagi dengan 16 maka hasilnya adalah 1 koma sekian, dan tidak heran saya bisa mencapainya hanya dalam waktu 1,5 tahun.

Oleh karenanya hukum ini cukup terbukti sukses. Contoh lainnya bisa kita ambil dari kisah seorang Michael Jordan. Beliau adalah salah satu contoh yang luar biasa, bagaimana dia bisa berlatih sampai 20 jam perhari secara konsisten.

Michael Jordan setiap pagi sekitar jam 4 atau jam 5 sudah pergi ke lapangan basket. Awalnya dia memang hanya seorang pembersih lapangan, tapi disela-sela pekerjaanya itu, dia menyempatkan diri untuk berlatih shooting bola basket ke dalam keranjang.

Kebiasaan ini dia tekuni setiap hari, bahkan dia berlatih untuk memasukkan bola ke keranjang sebanyak 1.000 kali setiap hari. Bisa dibayangkan betapa dia jauh lebih pekerja keras dibandingkan dengan orang rata-rata. Dan dia tetap fokus kepada satu bidang yaitu bola basket.

Apakah anda pernah mendengar Michael Jordan pindah ke bidang yang lain? Jawabannya pernah, yaitu pada saat dia berusia 30-an tahun setelah di keluar dari Chicago Bulls dan dia beralih profesi menjadi seorang pemain baseball.

Kepindahan Michael Jordan ke dunia baseball tidak lain hanya merupakan penyaluran hobi saja, karena sebenarnya dunianya tetaplah Bola Basket. Akhirnya dia Come Back ke Chicago Bulls dengan nomor yang berbeda dan dia pensiun sebagai seorang pebasket di Washington Wizard pada usia 40 tahun.

( Baca Juga : Bagaimana Caranya Membuat Uang Bekerja Untuk Anda )

Namanya dikenang sebagai salah satu pengumpul poin terbanyak di NBA yaitu urutan ke-4. Dan perlu anda tahu bahwa dia tetap fokus pada satu bidang sampai usia 40 tahun yaitu di Bola Basket. Hebatnya lagi saat ini Michael Jordan menjadi salah satu konglomerat terbesar di Amerika Serikat.

Baru-baru ini ada sebuah rilis menunjukkan bahwa Michael Jordan menjadi salah satu The New Milionare. Dia berhasil mencetak 1 billion pertama di Amerika Serikat yang apabila dikurskan sekitar 13,5 trilliun pertama di usianya sekarang sekitar 52 tahun.

Sejak dia pensiun dari dunia Basket sekitar 12 tahun yang lalu, dia mengabdikan dirinya pada dunia bisnis. Dunia bisnisnyapun tidak jauh-jauh dari Bola Basket. Sehingga disini kita bisa tarik satu kesimpulan dari seorang Michael Jordan bahwa dia merupakan orang yang benar-benar fokus di bidangnya, mulai dari dia muda, menjadi pemain, kemudian hingga pensiun pun dia masih fokus.

Oleh karena itu, jika hari ini anda ingin menjadi seorang pakar dan menjadi orang yang luar biasa maka anda harus melewati 10.000 jam ini. Nah, untuk melewati 10.000 jam ini tidak penting seberapa cepat anda, namun yang terpenting seberapa setia dan konsisten anda pada bidang tersebut.

Bidang anda tersebut harus benar-benar bidang yang anda minati, anda sukai dan sesuai dengan passion anda dan anda kerjakan seumur hidup anda. Jika tips diatas bisa anda terapkan, maka saya yakin anda akan menjadi seorang pakar di bidang tersebut.

Selamat membaca buku Outliers dan terapkan Hukum 10.000 jam. Saya percaya suatu saat anda akan menjadi pakar-pakar berikutnya. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar